Publikasikan artikel anda disini dengan mengikuti Ketentuan kami Kirim Artikel!

Pengaruh teknologi VR dan AR pada manusia


Pengaruh teknologi VR dan AR pada manusia

Saat ini perkembangan AR dan VR pada kemajuan teknologi tidak dapat dipungkiri lagi. Perubahan yang cepat dan dapat memberikan dampak pada bidang lain. Salah satunya pada akhir akhir ini sedang ramai dibicarakan dan sudah cukup tersebar bahkan sudah ada yang menggunakannya. Namun belum banyak orang yang mengenal teknologi
Teknologi tersebut adalah VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality), persamaan pada kemajuan dua teknologi ini yaitu dapat diaplikasi pada dunia maya yang terintergrasi dengan berbagai perangkat. Berikut dibawah ini, akan dijelaskan lebih detail mengenai kedua teknologi ini.

Untuk teknologi AR (Augmented Reality) merupakan integrasi informasi dunia maya dengan dunia nyata dan belum lagi ditambahkan dengan informasi diatasnya. Penggunannya adalah seseorang dapat berpersepsi lebih jelas dalam interaksi dan membantu pada menyelesaikan pekerjaan dalam dunia nyata melalui tambahan perangkat dunia maya ini.

Cara kerja virtual reality adalah dengan memanipulasi otak manusia sehingga seolah-olah merasakan berbagai hal yang virtual terasa seperti hal yang nyata. Dengan kata lain, virtual realitymerupakan proses penghapusan dunia nyata di sekeliling manusia, kemudian membuat si pengguna merasa tergiring masuk ke dunia virtual yang sama sekali tak bersentuhan dengan dunia nyata Untuk dapat merasakan sensasi dari VR, ada beberapa perangkat tambahan yang perlu digunakan, antara lain seperti headset virtual reality yang kini banyak tersedia di pasaran.

ELEMEN PENTING PADA VR

Menurut BINUS School of Computer Science, ada 4 elemen penting dalam VR, antara lain:

1. Virtual World

Sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script.

2. Immersion
Sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Immersion dibagi dalam 3 jenis, yakni:

Mental immersion yang membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata.

Physical immersion yang membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan VR.

Mentally immersed yang memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan.

3. Sensory Feedback
Berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual (penglihatan), audio (pendengaran) dan sentuhan.

4. Interactivity
Bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world. Pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya adalah gambar-gambar bersifat dinamis. Melalui Headphoneatau speaker, pendengar akan mendengar suara yang realistis.

Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem yang akan memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah-olah merasakan pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

APA SIH MANFAAT VR DAN AR?

Pemanfaatan untuk AR saat ini telah berkembang dari bidang pemasaran sampai hiburan. Contoh penggunaan AR pada bidang kesehatan adalah sudah adanya penerapan melalui CT Scan dan MRI dimana itu menjelaskan anatomi internal pasien kepada ahli bedah. Pemanfaatan AR lainnya juga dirasakan oleh keperluan militer, dengan adanya AR (augmented reality) prajurit mampu berlatih seperti dalam perang sungguhan, padahal cara ini hanya ditampilkan dalam dunia nyata melalui informasi dunia maya berupa game.

Salah satu aplikasi pada AR saat ini, dapat diakses dengan ingress. Aplikasi game AR keluaran Google, dimana untuk memainkannya hanya perlu sebuah smartphone. Berbeda dengan VR (virtual reality) teknologi tersebut merupakan teknologi yang menjadikan anda mampu berinteraksi dengan simulasi lingkungan komputer.

Teknologi pada VR (virtual reality) saat ini yang sedang viral adalah Oculus rift, Playstation VR dan juga Google Cardboard. Melalui perangkat tersebut, Anda mampu merasakan pengalaman virtual berupa objek 3D. Implemetasi teknologi VR (virtual reality) diantaranya adalah seperti bidang arsitektur, pendidikan, militer, dan hiburan. Dan adapula beberapa aplikasi VR khususnya dalam bidang game hiburan seperti The Sims, Haunted the horror experience, Bear saber, Startrek, dan Tiny trax.

Melalui teknologi VR Anda akan diajak seperti kedalam permainan secara nyata, dimana dapat merasakan atmosfer bermain di dalam sebuah game. Jika Anda ingin bermain dan merasakan teknologi AR dan VR bisa langsung hubungi tempat penyewaan AR dan VR.

Jadi VR dan AR sekarang berkembang sangat pesat dan sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia serta memberi banyak manfaat terutama dalam bidang-bidang tertentu.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mau membaca.

Baca juga :

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BCA - An.dwi lestari / Rek - 3930706719
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas

About the Author

IT

Post a Comment

Komentarmu adalah cerminan dirimu
Cookie Consent
Situs kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Silakan menyetujui untuk meningkatkan pengalaman terbaik.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk men-nonaktifkan pengaturan pemblokiran iklan di browser Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.